sistem yaitu seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, mesin atau alat dan prosedur serta konsep-konsep yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama.
  • suatu kompleksitas dari saling ketergantungan antar bagian-bagian, komponen dan proses-proses yang melingkupi aturan-aturan tata hubungan yang dapat dikenali.
  • suatu type serupa dari saling ketergantungan antar kompleksitas tersebut dengan lingkungan sekitar.
Subsistem yaitu serangkaian kegiatan yang dapat ditentukan identitasnya.
Super sistem ...
Sebenarnya istilah supersistem itu jarang digunakan, sistem seperti ini memang ada, jika suatu sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar itu mungkin yang disebut super sistem.

Syarat-syarat sistem :
  1. sistem harus dibentuk untuk menyeleseikan masalah
  2. elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan
  3. adanya hubungan diantara elemen sistem
  4. unsur dasar dari proses
  5. tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen.
Definisi sistem secara etimologi...
yaitu pendekatan sistem secara lebih menekan pada prosedurnya, dengan mendefinisikan sistem sebagai suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyeleseikan suatu sasaran yang tertentu, yang dimaksud adalah alat-alat pengendalian sosial untuk melanggengkan dalam sistem pengendalian secara etimologi.

Definisi sistem secara terminologi...
yaitu pendekatan sistem yang lebih menekan pada elemen atau komponennya, dengan mendefinisikan sistem sebagai berikut : sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Unsur-Unsur Elemen
Elemen sistem adalah teknologi dalam sistem produksi tidak menyebabkan terjadinya konflik antar tujuan pembangunan sosial, masih didominasikan oleh elemen-elemen yang memblokir proses emensipasi sosial secara luas.
Fungsi elemen
  • Untuk memberi makna terhadap realita sistem
  • untuk mengadakan hubungan antar elemen dalam sistem
  • untuk meningkatkan suatu sistem