Awal kisah dimulai setelah dia lulus di salahsatu Universitas terkemuka.

Dengan hatinya yang penuh harapan, dia berusaha untuk berusaha mencari kehidupannya dan mengamalkan ilmunya yang ia pelajari sewaktu kuliah dulu.

Kemudian diapun dibawa oleh pamannya untuk merantau keluar kota, pamannya yang berstatus seorang guru juga, dia didaftarkan kesebuah Sekolah Kejuruan Negeri ditempat kerja pamannya tersebut, diapun di tugaskan untuk menjadi guru Olahraga.

Perjuangannyapun dimulai, dengan teguh dia menjalankan tugasnya dengan segenap jiwanya, dengan didasari ketabahan dan sabar, diapun ditawari untuk menjadi guru disebuah sekolah tingkat SMP, dengan semangatnya diapun menerimanya dengan senang hati.

Diapun mulai bekerja, hari demi hari, bulan demi bulan, dia menjalankan tugasnya dengan sabar walaupun penghasilan yang ia dapatkan masih kurang cukup, akan tetapi dia tetap semangat dan tersenyum.

Dengan kesabaran dan ketabahannya itu, dia bekerja tidak genap 2 tahun, dia mencoba mengikuti tes CPNS, hasilnya pun di umumkan lewat sebuah media cetak yang menyatakan dia lolos dan diterima sebagai PNS, dengan hati yang tidak percaya dicampur dengan rasa gembira yang tidak terbayangkan dia bersyukur dan menerimanya dengan meneteskan air mata.

Pada akhirnya ceritapun ditutup dengan senyuman bahagia di wajahnya, untuk selamanya.

Pelajaran yang dapat diambil dari kisah ini yaitu :
Sabar dan tabah dalam menjalankan tugas yang kita hadapi, niscaya buah yang manis akan didapatkan suatu hari nanti...!!!!