Minuman keras mengundung dan membunuh lebih banyak orang daripada berjenis-jenis racun yang lain. Lebih dari setengah kecelakaan lalu lintas dewasa ini disebabkan oleh minuman keras. Bukannya sipemabuk, melainkan orang yang minum di waktu pesta atau disuguhkan ketika bertamu yang mengatakan "tidak pernah mabuk" dan sering menyebabkan kecelakaan ini. Apakah orang itu benar-benar mabuk atau tidak, ia mungkin tidak dapat mengendalikan mobilnya dengan baik dan menabrak orang yang tidak bersalah.

Apa harus dibuat: Peminum yang "mabuk tidak sadarkan diri" dapat disuruh tidur untuk menghilangkan pengaruh minuman keras di dalam tubuhnya. Ini mungkin memerlukan satu atau dua hari. Biasanya orang seperti ini tidak mendatangkan banyak kesulitan. Tetapi orang yang setengah mabuk sering lebih berbahaya dan mungkin perlu dijaga. Ia mungkin minum terus-menerus, sampai pada keadaan pingsan. kecuali diberi pertolongan yang baik, ia bisa meninggal.

Orang-orang muda harus didesak untuk menghindari pemakaian minuman keras dalam bentuk apapun. Mereka harus diberi penerangan mengenai masalah yang penting ini. Bagi mereka yang sudah ketagihan, Suatu organisasi khusus yang berusaha yang memberantas minuman keras dapat memberikan pertolongan dalam mengatasi ketagihan mereka.


diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.