Bila kulit lecet selamanya selamanya ada kemungkinan terjadinya infeksi. Berhati-hatilah, jangan menjamah luka itu dengan ujung jari atau dengan apapun yang mungkin mengandung kuman-kuman. Jika luka itu kelihatan bersih dan pendarahan mulai berhenti, tutupilah dengan perban yang suci hama (steril) dan balutlah baik-baik. Kemudian biarkanlah luka itu sampai doker berkesempatan memeriksanya dengan teliti.

Jika luka itu kotor dengan tanah dan dokter tidak mungkin melihatnya selama beberapa jam, cucilah bagian itu dengan hati-hati dengan sabun dan air hangat. Keluarkanlah semua kotoran pada permukaan dengan menyiramkan air sabun ke dalam luka itu. Sesudah itu taruhlah perban diatas luka itu dan balutlah baik-baik.

Pendarahan sedikit sering berguna. Jangan membuka kai perban setiap beberapa menit hanya untuk melihat apa yang sedang terjadi sebab dengan itu pembekuan darah terhalang.

Lebih dari segala sesuatu, Tinggallah tenang. Perbuatlah apa yang harus dilakukan tanpa ribut-ribut dan gugp. Ingatlah, sabun dan air lebih berguna daripada antiseptis. Bersihkanlah luka itu lebih dulu, sesudah itu taruhlah larutan antiseptisjika anda mau. Kemudia balutlah baik-baik. Untuk luka yang berat, usahakanlah mencari pertolongandari seorang yang lebih ahli tanpa bertaguh.



diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.