Pingsan biasanya terjadi, terutama dalam keadaan-keadaan tertentu. Itu dapat terjadi karena berbagai-bagai sebab, misalnya lapar, lelah, cemas, atau tekanan emosi yang mungkin terjadi karena mendengar kabar yang tidak baik. Luka-luka kecil atau melihat darah dapat menyebabkan keadaan ini. Pingsan juga disebabkan oleh pendarahan di dalam atau nyeri yang hebat.

Dengan tiba-tiba sikorban merasa lemah dan tidak dapat berdiri tegak. Mula-mula sekali, ia merasa pusing seakan-akan lantai sedang bergerak-gerak. Jika ia dapat berbaring dengan cepat, besar kemungkinan ia tidak akan kehilangan kesadarannya. Untuk beberapa detik mungkin ia tidak bernapas, dan denyutan nadi mungkin lemah sekali.

Apa Harus Dibuat: Bungkukkanlah kemuka dan letakkanlah kepalanya diantara lutut. Mungkin ini saja yang perlu dikerjakan. jika ia tidak bertambah baik, telentangkanlah kepalanya lebih rendah sedikit dari badannya. Angkatlah kaki untuk mengembalikan darah ke jantung. Sisakit harus tetap berbaring sampai sembuh. Kalau lama pingsannya, tutupilah dengan selimut dan panggillah dokter. Keadaanya mungkin disebabkan oleh sesuatu yang lebih serius dari yang anda pikirkan.


diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.