Tuma biasanya terdapat di bagian-bagian dunia tertentu. Tuma membawa penyakit typhus bercak wabahi, dan penyakit-penyakit lain yang serius. Jika tidak dirawat, racun tuma dapat melumpuhkan otak dan jantung.

Apa Harus Dibuat: Keluarkanlah tuma dari kulit dengan meletakkan korek api yang dinyalakan pada ekornya. Ini akan menyebabkan tuma keluar dari kulit. Usahakanlah mengeluarkan seluruh kepala tuma itu. Kalau merasa demam, panggilah dokter. Badan harus diperiksa baik-baik sesudah mengunjungi daerah dimana terdapat banyak sekali tuma.

Semua serangan penyengat, seperti lebah, tabuhan, pikat, dan semut, sejenis bisa yang sama. Perawatan kira-kira sama. Jagalah selalu penyengat lebah atau tabuhan di keluarkan dari luka. Sesudah itu keluarkanlah cairan amonia biasa yang tidak keras. Jika terlalu nyeri, Suntikkanlah obat pemati rasa setempat, seperti procaine disekeliling sengatan itu. Pecahan yang ditaruh diatas bagian yang disengat biasanya dapat menenangkan nyeri dan mengurangi pembengkakan. Menjaram dengan sesuatu yang panas dan dingin berganti-ganti dapat menolong keadaan yang lebih hebat. 


diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.