Inilah penyataan cinta yang setinggi-tingginya yang dapat dinikmati manusia hubungan kelamin yang memuaskan. Tetapi diantara kebanyakan binatang yang lebih hina hal ini tampaknya tidak benar. Bagi mereka naluri kelamin rupanya hanya mempunyai satu maksud yakni perbiakan, dalam keadaan apapun. Sekali keturunan mereka telah mencapai masa dewasa, ibu bapa biasanya merasa tidak bertanggung jawab lagi. Hubungan kekeluargaan sesudah itu putuslah dan ibu bapa mungkin berpisah dan malahan tidak mengenal anak-anak mereka sesudah mereka menjadi dewasa.

Tidaklah demikian dengan keluarga manusia. Disini hal-hal itu amat berbeda. Manusia muda bukan saja tumbuh perlahan-lahan, tetapi juga harus mengembangkan pikirannya secara dewasa. Karena pertumbuhan yang lambat ini, keluarga manusia harus dipelihara bersama-sama sebagai suatu unit untuk pendidikan yang baik. Suatu rumah tangga yang pecah selamanya menyedihkan hati. Tentu saja rumah tangga seperti itu bukannya suatu tempat yang ideal untuk mengasuh seorang anak, tetapi kadang-kadang itu mungkin lebih baik daripada sebuah rumah tangga yang orang tuanya terus-menerus bertengkar. Anak-anak yang sudah kehilangan satu orang tua sering menjadi jauh lebih baik daripada mereka menjadi besar dirumah tangga yang selalu diganggu dengan adanya perselisihan dan amarah.

Perkawinan sekali-kali tidak memecahkan segala persoalan kehidupan. Perhatikanlah baik-baik orang-orang yang ada di sekelilingmu. Berapa dari mereka yang sungguh-sungguh berbahagia? Ada yang kelihatan bebas dari kesusahan dan senang-senang saja, tetapi di dalam hati mereka sering terdapat perasaan kesunyian serta perasaan telah kehilangan bagian terbaik dalam kehidupan. Ini sering terjadi dengan orang-orang yang sudah menikah. Kebanyakan orang-orang ini tidak berbahagia hidupnya sebelum mereka menikah. Beberapa dari mereka memasuki dunia pernikahan dengan harapan akan memecahkan segala persoalan mereka. Tetapi perkawinan Jarang dapat menyeleseikan persoalan pribadi yang besar.


diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.