1. Buanglah semua obat yang sudah lama. Simpanlah resep-resep baru di tempat yang asli. Jangan minum obat ditempat yang gelap. Ini dapat mendatangkan bahaya.
  2. Bacalah selalu etiket dengan hati-hati sebelum memakai sesuatu obat. Jika tulisan etiket kurang terang, Jangan pakai obat itu. Buanglah obat itu.
  3. Cucilah baik-baik segala buah-buahan dan sayur-sayuran seblum dimakan. Banyak bahan berbahaya mungkin telah banyak disemprotkan pada makanan ini untuk melindunginya terhadap hama dan serangga yang lain. Usahakanlah mengeluarkan segala racun ini sebelum anda menggunakan makanan ini.
  4. Semperot serangga hendaknya dipakai hanya di dalam kamar yang cukup ventilasinya. Jangan menghirup uapnya. Jangan gunakan semperot beracun ini disekeliling makanan, atau di tempat menyediakan makanan. Segera tinggalkan kamar setelah menyemprotnya.
  5. Jangan menyimpan racun dengan makanan di dalam lemari yang sama. Anda mungkin salah mengambil racun gantinya makanan. Obat-obat harus disimpan baik-baik di tempat yang terkunci, agar anak-anak kecil jangan mengambilnya. Demikian pula dengan larutan pembersih, obat pembunuh serangga, dan alkohol gosok.
  6. Pendidikan: Bila anak-anak anda sudah berumur empat atau lima tahun, beritahukanlah kepada mereka tentang bahaya menelan pil yang mungkin mereka dapat di sekeliling rumah. Juga, Jelaskanlah ke mereka bahwa daun-daun dan buah-buahan atau biji-bijian dari tanaman asing, mungkin juga mendatangkan bahaya. Biasakanlah untuk tidak mengambil apa-apa selain dari apa yang anda berikan kepada mereka. Jika anak anda mempunyai kepercayaan kepada anda, biasanya dia akan menerima nasehat anda.


diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.