Tergeliat atau keseleo ialah suatu kerusakan dimana jaringan-jaringan disekeliling persendian yang sakit telah koyak. Ini menimbulkan nyeri dan pembengkakan dan sering perubahan warna dibawah kulit. Tergeliat bukannya patah tulang, tetapi mungkin lebih nyeri.

Apa Harus Dibuat: Taruhlah kain dingin atau es pada persendian yang sakit itu. Lakukanlah kompres dingin ini sampai pembengkakan berkurang. Kemudian, kantong hangat dapat digunakan, atau penjaram hangat dan dingin berganti-ganti seperti yang di jelaskan pada artikel sebelumnya DISINI. Tetapi yang terbaik ialah kompres dingin untuk taraf pertama rudapaksa itu.

Luka Memar ialah: Akibat pukulan dari perkakas yang tumpul. Biasanya kulit tidak pecah, tetapi janringan dibawahnya rusak dan banyak pembuluh darah kecil-kecil putus. Pendarahan dibawah kulit ini menimbulkan tanda-tanda hitam dan biru di bawah kulit. Sebuah mata yang hitam adalah luka memar pada jaringan yang halus dikeliling mata.

Apa Harus Dibuat: Taruhlah kain dingin atau es dengan segera pada bagian itu. ini akan menolong mengurangi nyeri dan pembengkakan. Teruskanlah perawatan yang sederhana ini selamadua puluh sampai tiga puluh menit sekali. Rawatlah setiap tiga atau empat jam bila perlu. Kemudian anda boleh memakai penjaram hangat dan dingin berganti-ganti sampai nyeri, pembengkakan dan cacat hilang sama sekali. Jika perlu, panggillah dokter untuk memeriksa bagian yang sakit.


diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.