Gigitan dan sengatan binatang dan serangga bukan saja nyeri tetapi juga sering berbahaya. Bila di gigit anjing, daging biasanya sobek dan koyak. Gigitan kucing biasanya sering menyebabkan reaksi yang lebih serius, sebab gigi kucing tajam-tajam dan menembus dalam-dalam pada jaringan.

Apa Harus Dibuat: Cucilah kulit bersih-bersih dengan sabun dan air. Biarkanlah luka itu berdarah sebanyak-banyaknya. Ini akan menolong mengeluarkan kuman-kuman. Luka-luka yang menembus dalam-dalam mungkin perlu dibuka dengan obat pemati rasa setempat. Kulit yang sudah disobek harus dibuang. Kemudian tepi-tepi yang bersih dipertautkan dan dijahit baik-baik. jagalah agar sikorban terlindung dari bahaya tetanus. Hal ini di bahas pada artikel sebelumnyan tentang tetanus DISINI. Luka-luka seperti itu harus dibawa ke dokter.

Untuk gigitan yang lebih kecil, bersihkanlah bagian yang luka dengan sabun dan air hangat, dengan menuangkan lebih banyak air bersih ke atas luka, terutama ke bagian yang lebih dalam. Sesudah itu taruhlah obat pembunuh hama yang cocok seperti merthiolate (jodium), dan tutupilah dengan sebuah kain kasa tebal yang suci hama, serta balutlah baik-baik.


diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.