Luka tembakan selamanya serius, terutama jika ada tulang patah, atau ada organ di dada atau di perut terkena luka.

Apa Harus di Buat: Sisakit harus dibaring kan terlentang dengan diam. Jangan beri apa-apa melalui mulut. Tutupilah muka itu dengan kain kasa yang steril atau suci hama dan balutlah baik-baik. Sesudah itu bawalah ke rumah sakit selekas-lekasnya. Jagalah agar selalu dalam keadaan terbaring dengan bantal di bawah lututnya.

Jika ada organ di bagian perut yang luka dan kelihatan atau menonjol ke luar. tutupilah luka itu dangan kain kasa yang suci hama dan jagalah agar tetap lembab. Air hangat paling baik untuk maksud ini. Bawalah sisakit ke rumahsakit dalam keadaan berbaring. Hentikanlah pendarahan sedapat-dapatnya.

Jika luka itu terdapat di dada, tutupilah lukanya lekas-lakas denagn tangan dan tarulah perban yang tidak tembus udra. Ini akan mencegah jangan sampai ranga selaput dada kemasukan udara dan akan mengganggu pernapasan. Jika luka itu besar tarulah tanganmu pada kedua tepi luka sobek itu dan pertautkanlah jaringan-jarinagn itu parlahan-lahan. Bawlah sikorban ke rumah selekas-lekasnya. Jika perlu, berikan pernapasan buatan, dengan cara mulut ke mulut, seperti yang dianjurkan pada artikel sebelumnya DISINI.



diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.