Kalau badan anda langsing dan hanya kurang sedikit dari berat badan yang normal, keadaan kesehatan anda cukup baik. Barangkali lebih baik anda tetap dalam keadaan sedemikian, karena orang yang langsing sering lebih lanjut usianya, asalkan mereka tidak menderita suatu penyakit yang sangat melemahkan tubuh seperti TBC. Tetapi jika berat badan anda terlampau rendah, setidak-tidaknya pemeriksaan badan yang seksama harus diadakan guna memastikan bahwa tidak ada suatu yang serius di dalam tubuh anda.
Ada dua jenis orang kurus. Jenis yang pertama kekar dan bersemangat, seperti anjing pemburu. Orang seperti itu jarang sakit. Mereka kuat makan, tetapi berat badan tidak pernah bertambah. Karena mereka selalu giat mengadakan gerak badan, mungkin mereka membakar habis energy mereka. Kebanyakan dari mereka ingin menambah sedikit berat badan mereka agar kelihatan lebih tampan. Mungkin mereka dapat berbuat demikian, asalkan mereka menambah secukupnya saja.

Orang kurus yang kedua tidak kekar dan bersemangat. Mereka kekurangan tenaga dan semangat. Kebanyakan dari mereka lekas lelah dan sering berfikir-fikir apa yang salah dengan mereka. Mereka selalu cemburu melihat orang lain makan dengan nikmatnya, sedangkan alat pencernaan mereka sendiri biasa mengalami kesulitan untuk mencerna makanan yang biasa saja sekalipun. Makanan yang mewah-mewah biasanya menjadikan mereka sakit. Karena jarang sekali dapat menghabiskan sajian yang dihidangkan, mereka hanya makan beberapa suap dan merasa sudah kenyang.

Apakah yang salah dengan gogolngan ini? Beberapa dari mereka mungkin mempunyai lambung yang kecil yang rendah kapasitasnya. Orang seperti itu dapat menolong dirinya sendiri oleh makan sedikit-sedikit dan lebih sering. Ada juga yang dapat memperbaiki keperluan gizi mereka dengan minum sari buah diantara waktu makan. Mereka harus selamanya memilih makanan yang sederhana, karena makanan yang mewah-mewah tidak cocok untuk mereka.

Semua orang yang seperti itu harus mengalami pemeriksaan X-ray pada alat pencernaan mereka untuk menyingkirkan kemungkinan adanya sesuatu penyakit yang tersembunyi. Pemeriksaan tinja lebih baik diadakan untuk menyingkirkan kemungkinan adanya cacing, suatu insfeksi amoeba, dan berbagai parasit berbahaya lainnya. Pemeriksaan yang seksama untuk melihat banyaknya butir-butir darah merah dan butir-butir darah putih dianjurkan agar dapat memastikan bahwa tidak ada anemia. Air seni harus juga diperiksa dengan teliti guna menyingkirkan kemungkinan adanya insfeksi didalam ginjal atau kandung kemih.

Kecemasan yang disertai kegugupan merupakan penyebab lain untuk kurang nafsu makan. Anak yang merasa terbuang mungkin menderita sejenis kecemasan yang kronis sehingga tampaknya ia selamanya kurang nafsu makan. Akibatnya mungkin mulai kelihatan pada adanya pengaruh kekurangan gizi. Hanya dengan menempatkan dia dalam keadaan sekitar yang lebih menyenangkan biasanya akan memperbaiki nafsu makannya dengan segera. Ingatlah, sifat mencari-cari kesalahan atau mengeritik tidak akan menolong melainkan mungkin hanya memperdalam persoalan emosi anak itu. Beberapa tablet multi vitamin dapat menolong menambah nafsu makan dan mengembalikan fungsi tubuh kepada keadaan yang normal.

Perawatan: hindarkanlah jajan menjelang waktu makan, karena hal ini sering merusakkan nafsu makan. Makanlah hidangan yang seimbang, sedapat-dapatnya makanan yang tinggi kadar kalorinya. Hindarkanlah pemakaian tembakau, terutama menjelang waktu makan.

Lebih dari segala sesuatu, belajarlah melegakan diri. Hal ini akan menolong mengurangi ketegangan saraf sementara mengembalikan kegiatan tubuh kepada keadaan yang normal. Banyak orang kurus sangat merasa letih karena ketegangan saraf. Kebanyakan dari mereka terlampau teliti, sering menguatirkan keadaan yang tidak dapat mereka ubahkan. Adapula diantaranya yang “terlalu ketat ikat pinggangnya” sehingga alat pencernaan mereka tidak dapat bekerja dengan normal.

Suatu istirahat yang tenang menjelang waktu makan malam dan juga menjelang makan siang diperlukan guna mengembalikan tenaga hidup ke seluruh tubuh. Usahakanlah mengurangi segala kegiatan yang berlebihan, karena hal ini pula akan menolong mengurangi ketegangan. Suatu acara seperti itu, digabungkan dengan tidur tenang pada malam dan gerak badan secukupnya di udara segar setiap hari adalah suatu resep yang baik sekali untuk kesehatan. Cobalah.



diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.