Jika anda kebetulan mengalami rudapaksa pada suatu bagian tubuh, yang mula-mula yang harus anda lakukan ialah menggosok bagian itu. gosokkan yang kuat ini menambah peredaran darah kebagian itu dan menolong meringankan nyeri. penambahan peredaran ke bagian tubuh itu akan mempercepat kesembuhan dan mengurangi kemungkinan bengkak.

Pijatan ialah cara menggosok yang istimewa. Itu terjadi dari kombinasi dari berjenis-jenis gerakkan tangan, termasuk tekanan, perasaan, ramasan, gerakkan berkeliling serta tekanan ringan dan berat dengan jari. Pijatan berguna untuk memelihara otot dalam keadaan baik, terutama dalam hal seperti radang selaput sendi, dan rudapaksa dari persendian. sebelum memulai pijatan, panasilah bagian tubuh yang dirawat. Dengan demikian pijatan akan lebih efektif.

Bila seorang pasien terpaksa tinggal ditempat tidur agak lama, lengan dan tungkai dan punggungnya harus dipijat sekali atau dua kali setiap hari untuk menjaga agar darah mengalir dengan leluasa dan dapat menyediakan makanan dengan lebih baik untuk jaringan-jaringan. Hampir setiap orang dapat belajar memberikan pijatan yang sederhana sekali.

Marilah kita coba seandainya anda sedang memijat lengan seseorang. peganglah otot-otot diantara jari dan tekanlah perlahan-lahan, pada saat yang sama tariklah jari anda di atas kulit, mua-mula ke jurusan jantung dan kemudian kejurusan lain. Ini akan melancarkan peredaran dan menghilangkan perasaan kaku pada otot-otot. Ini dapat juga menambah persediaan dapat ke bagian yang dirawat dan menolong menghindarkan komplikasi yang menyusahkan yang sering terjadi sesudah rudapaksa yang serius.

Para pasien biasanya tidur lebih nyenyak bila otot-otot sudah dipijat dan menjadi lemas oleh pijatan. Persendian-persendian yang sudah kaku sekalipun sering tertolong oleh pijatan yang baik. Sesudah meramas-ramas agak keras, cobalah mengusap-usap dengan ujung jari. Ini sering meringankan ketegangan urat saraf dan kekejangan otot-otot di seluruh tubuh. Bila pijatan disatukan dengan cara pengobatan physis yang lain, seperti pendemah hangat, lampu pemanas, pasien akan merasa faedahnya bukan saja pada bagian badan yang dirawat, tetapi juga di seluruh tubuhnya. perawatan yang halus seperti ini, bila diberikan sekali atau dua kali sehari selama pasien berada di tempat tidur, akan menolong dia kembali kepada pekerjaannya yang biasa lebih cepat dari yang di harapkannya.

Semua cara pengobatan yang berbeda-beda ini menunjukkan banyak cara yang baik dan bermanfaat dimana air dan panas dapat digunakan untuk merawat sesuatu penyakit. Banyak sekali keuntungan diperoleh dari cara yang sederhana ini untuk meringankan penderitaan orang sakit. yang jauh lebih penting ialah tidak ada bahaya ketagihan obat bila kita memakai air, panas dan pijatan. Ingatlah, ada daya penyembuhan dalam air, serta dalam semua cara yang sederhana tetapi efektif untuk merawat orang sakit.

Ellen White, salah seorang penulis modern yang terbesar mengenai hidup sehat.



diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.