Merawat anak sakit sering memerlukan lebih banyak kecakapan dan pengertian daripada menjaga orang dewasa. pikiran anak kecil berbeda benar. Ia tidak mempunyai pengalaman untuk menuntunnya. Penyakit-penyakit dimasa kanak-kanak biasanya nyata benar dan dalam banyak hal disertai demam tinggi dengan muntah-muntah dan nyeri. Seorang anak yang sakit dengan sendirinya merasa takut, meskipun anda sudah mengatakan kepadanya bahwa ia akan sembuh kembali dalam beberapa hari.

Tiap-tiap anak mempunyai khayalan aktif dan malahan menjadi lebih aktif lagi bila ia sakit. berhati-hatilah jangan sampai menambah ketakutannya. semua anak telah mendengar orang dewasa menceritakan panjang lebar mengenai penyakit dan kematian, termasuk segala seluk beluk dan menyedihkan. Cerita yang sudah ditambah-tambah dan dibesar-besarkan ini selamanya memberi pengaruh yang merusak terhadap anak-anak yang mendengarkannya. Kemudian, bila ia jatuh sakit, dan khayalannya sudah melampaui batas, ia hampir mati ketakutan. Sebab itu cobalah menenangkan dia.

Untunglah, kebanyakan penyakit mereka berlangsung hanya selama beberapa hari saja. Pada suatu saat mereka kelihatan setengah mati. Tidak lama kemudian anda perhatikan mereka sudah berdiri dan berlari-lari kian kemari seakan-akan tidak ada apa-apa yang telah terjadi. Kecuali dalam penyalit-penyakit yang melumpuhkan seperti demam rematik, jarang benar mereka harus tinggal ditempat tidur lama-lama. hal ini sangat menguntungkan bagi mereka yang menderita.

anak-anak kecil sering mengalami demam tinggi. Kesulitan ini mungkin disebabkan oleh infeksi pada telinga, hidung dan kerongkongan. Kecuali dirawat dengan baik, masuk angin sekalipun dapat mengakibatkan komplikasi yang gawat, seperti radang tonsil yang parah, glomerulonephrifis, bronchitis chronicamalahan menjadi tuli karena infeksi telinga bagian tengah. dalam hal ini panggillah dokter selekas-lekasnya. jangan tunggu sampai tengah malam, hanya dengan berharap akan bertambah baik. Ingatlah, lebih lekas dokter dipanggil, lebih baik pula untuk anak itu dan untuk anda juga. seorang anak kecil tidak mempunyai tenaga cadangan seperti orang dewasa. Ia dapat mengalami infeksi dalam waktu yang amat singkat. Jangan mengambil resiko panggillah dokter dengan segera.



diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.