Caranya:
  1. Pasien harus tinggal tenang dan dibaringkan. Usahakanlah sedapat-dapatnya agar ia merasa enak.
  2. Ia harus tetap hangat. Kalau ia sedang berbaring di atas yang dingin atau basah, cobalah taruh selimut atau beberapa surat kabar dibawahnya. Usahakanlah agar tidak terlalu banyak yang mengganggunya. Tutupilah agar tetap hangat. Gunakanlah apa saja yang mudah di dapat untuk maksud ini biarpun hanya surat kabar. Jika ia merasa dingin, taruhlah sebuah botol air panas di kakinya. jagalah jangan sampai kulitnya terbakar karena air panas tadi.
  3. Benda Cair. Jangan sekali-kali memberikan benda cair kepada seorang yang tidak sadar. Jika ia mulai sadar dan dokter terlambat datangnya, berilah ia air hangat apabila ia minta minum. Berilah satu sendok sekali teguk, dan jangan lebih dari secangkir kecuali ia merasa amat haus. Kalau ia mendapat luka di perut, jangan memberi apa-apa melalui mulut.
  4. Beranikan Dia. Shock timbul dari lukanya. Ketakutan dapat menjadikannya lebih parah. Jangan biarkan sikorban melihat lukanya. Ini hanya menambah ketakutannya dan mengakibatkan shock. Berilah keyakinan padanya bahwa lukanya tidak berbahaya asal saja ia berbaring baik-baik sementara menunggu dokter. Kemungkinan yang terbaik baginya untuk sembuh dengan cepat ialah berbaring dengan tenang sampai pertolongan tiba.


 
diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.