Pengaturan kamar pasien sangat penting agar ia merasa senang dan sejahtera. Ingatlah, tempat seperti ini menjadi bumi kecil baginya sementara ia terbaring sakit. Sebab itu, jadikannya kamarnya suatu tenpat yang menggembirakan dan menarik pada setiap waktu. Kamar itu harus terang dan segar udaranya pada siang hari, tetapi mata pasien harus selalu dilindungi dari cahaya. Suasana yang tenang amat penting bila seorang yang sedang pulih dari penyakit. Hindarkanlah sesuatu yang menyebabkan gangguan terhadap orang sakit itu. Tempat terasing dapat mempercepat kesembuhannya.

Jagalah agar kamar tetap sejuk dimusim kemarau dan tetap hangat di musim hujan. Kamar harus mempunyai cukup ventilasi selama musim kemarau. Pintu dan jendela harus diberi bertabir untuk menghindarkan lalat dan gangguan yang lain. Jika kamar pasien agak jauh dari kamar mandi dan jamban, lebih baik memindahkan sipenderita ke kamar lain yang lebih dekat ke tempat itu. Ingin akan meringankan perawatan dan lebih enak bagi pasien bila ia sudah dapat bangun dan menjaga dirinya sendiri. Jagalah supaya udara segar selalu silir-semilir, tetapi jangan biarkan kedinginan oleh angin yang dingin. Hal ini dapat memperpanjang masa sakitnya dan memperlambat kesembuhannya.

Jika ia memerlukan banyak perawatan, jauh lebih baik menaikkan tempat tidur dengan menempatkan balok dibawah kakinya, seperti contoh dalam gambar. Tempat tidur modern dibuat rendah agr lebih apik dipandang mata. Tetapi hal ini selalu mempersulit perawatan. Untuk seorang pasien yang keras, mungkin lebih baik menyewa tempat tidur yang lebih baik dari rumah sakit. Tempat tidur seperti itu tepat benar tingginya untuk perawatan yang baik. Tetapi mungkin anda tidak suka menyewa yang semahal itu. Cobalah menaikkan tempat tidur kira-kira 6 inci dengan memakai balok kayu di bawah kakinya. Lubangilah sedikit bagian atas pada balok penyangga itu (seperti ditunjukkan pada gambar) supaya lereng-lerengnya masuk dengan teguh kedalamnya. Jagalah supaya tempat tidur itu tidak goyah. Seorang pasien yang sudah tua dan gugup perlu merasa aman meskipun ditempat tidur sekalipun.



diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.