Sebuah meja disisi tempat tidur baik benar bagi pasien karena memungkinkan dia melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri. Taruhlah sebuah kursi malas yang kecil di sisi tempat tidur supaya para tamu merasa senang bila mereka datang menjenguk dia. Kursi seperti itu dapat juga dipakai oleh pasien bila ia sudah diperbolehkan keluar dari tempat tidur.

Lampu baca harus diberi tudung sebaik-baiknya untuk menghindarkan cayaha dan kerusakan mata. Pasien jangan dibiarkan menghadap jendela yang terang karena hal ini dapat menyebabkan sakit kepala. Tutuplah tirai selama hari panas, tetapi bukalah lebar pada malam, terutama pada cuaca agak panas. Ada baiknya menyediakan sejenisbel pemanggil bagi pasien. Sebuah sendok dan sebuah gelas kosong dapat pula digunakan untuk maksud ini. Sebuah radio kecil dapat juga menolong sekedar perintang-rintang waktu.

Jika pasian tampaknya akan menderita agak lama, ada baiknya ditempatkan sebuah telepon di sisi tempat tidurnya, kalau ada. Jagalah telepon itu mempunyai bel yang dapat dimatikan selama waktu istirahat. 

Jika perabot dipelitur, jagalah jangan sampai rusak peliturnya. Air biasa sekalipun dapat merusakkannya. Alcohol gosok dapat juga mengakibatkan kerusakkan yang lebih besar. Kebanyakan obat cair berisi sedikit alcohol dan zat pelarut yang lain. Berhati-hatilah, jangan meletakkannya diatas permukaan yang di pelitur, kecuali sudah diberi pengalas. Bahan plastic tahan air biasanya paling baik untuk maksud ini.


 
 
 
diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.