Ada pengobatan lain yang amat berguna untuk mengobati nyeri setempat pada lengan, tungkai atau punggung. Cara ini berguna juga untuk merawat selesma dan peredangan pada bagian tubuh. Pilihlah secirik selimut atau flannel yang cukup besar untuk menutupi dada atau punggung. Lipatlah itu beberapa lapis dan pulaslah pada air yang panas sekali sekering-keringnya. Bungkuslah dengan sebuah handuk kering, atau bahan lain yang cukup tebal untuk melindungi kulit, dan taruhlah lipatan kain itu pada bagian tubuh yang hendak dirawat. Cara ini disebut pendemah hangat.

Biarkanlah lapisan kain panas itu selama sepuluh atau lima belas menit, atau sampai dingin. Kemudian gosoklah dada dengan sepenggal es, dan keringkanlah dengan sebuah handuk yang kasar. Pendemah dilakukan beberapa kali bila dianggap perlu. Setelah itu pijatlah.

Jika anda sedang merawat seorang pasien yang menderita selesma, mula-mula taruhlah lipatan kain itu dipunggung, dan kemudian di dada. Jauh lebih baik bila memakai dua lipatan kain pada pada waktu yang sama. Setelah selesei perawatan, keringkanlah kulit dan gosoklah dengan alcohol. Ini merupakan sesuatu cara yang baik untuk merawat orang yang menderita selesma, influenza, radang cabang tenggorokan, radang pangkal tenggorokan dan radang selaput dada. Cara ini berguna pula untuk merawat rudapaksa diotot termasuk punggung, tangan dan kaki. Pendemah hangat berguna sekali untuk merawat polio dan penyakit-penyakit berbahaya yang lain. Pasien yang menderita radang selaput sendi dapat juga mengambil manfaat dari cara perawatan ini.



diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.