Rendam duduk amat berguna dalam perawatan sesuatu penderitaan termasuk poros usus atau panggul. Oleh cara pengobatan yang sederhana ini kekejangan otot dan nyeri pada panggul dapat diringankan tanpa menggunakan obat keras. Rendam duduk berguna juga untuk meringankan kencing yang tertahan dalam kandung kemih dan kekejangan poros usus.

Pasien duduk di atas handuk yang dilipat di dalam tong air hangat selama 15-30 menit beberapa kali sehari. Air itu harus sekurang-kurangnya enam inci dalamnya dan temperature kira-kira 110-120 derajat Fahrenheit (43,3 s.d 48,9 derajat Celcius). Ada beberapa dokter yang suka memberikan rendam duduk berganti-ganti, dengan memakai air hangat dan air dingin dan dengan demikian menambah kemanjuran perawatan tubuh.

Rendam duduk berguna sekali sesudah operasi poros usus karena bawasir, celah-celah berupa borok disekeliling dubur dan penyakit-penyakit lainsejenis itu. Sesudah operasi seperti ini pasien dapat dinasehati untuk mengadakan rendam duduk setiap hari dan bila perlu sepanjang malam. Perawatan ini menolong penyembuhan jaringan-jaringan. Jika hawa dingin, sehelai selimut harus dilingkarkan pada bahu supaya sisakit jangan kedinginan. Sesudah perawatan selesai, sisakit harus kembali ke tempat tidur.



diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.