Penghirupan uap yang telah dibubuhi obat merupakan sejenis perawatan untuk selesma.Yang anda perlukan hanyalah sebuah ketel yang bercerat. Isilah ketel itu dengan air setengah penuh. Teteskanlah sedikit minyak eucalyptus atau tinctura benzoin atau Vick’s Vaporub atau obat-obatan sejenis. Pengobatan sederhana ini menolong membuka saluran udara dan meringankan penyumbatan. Tetapi uap itu selamanya merupakan bagian terpenting bagi perawatan.

Bukalah sebuah paying dan taruhlah diatas kepala pasien. Hamparkanlah sehelei sprei diatas paying tadi untuk membuat tenda. Sekarang letakkanlah ketel diatas plat listrik atau alat-alat lain agar tetap panas. Jika air sudah panas benar, panaskanlah plat listrik atau kompor sedikit saja. Jagalah supaya uap naik secara leluasa melalui cerat ketel itu. Buatlah sebuah pembuluh kertas untuk mengalirkan uap kebawah tenda. Sesudah itu celupkanlah sehelai kain tipis pada eucalyptus atau obat lain dan letakkanlah kain tipis tersebut diatas pembuluh kertas itu.

Biarkanlah uap naik melalui pembuluh dibawah tenda selama kira-kira 20-30 menit. Menghirup uap yang sudah dibubuhi obat amat berguna dalam perawatan selesma, gangguan sinus, radang cabang tenggorokan, radang pangkal tenggorokan dan radang paru-paru. Tetapi anda harus berhati-hati sekali bila merawat anak kecil. Harus ada orang dewasa yang mendampinginya untuk menghindarkan kecelakaan yang mungkin terjadi. Jangan biarkan sisakit kedinginan selama pengobatan ini dijalankan.


diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.