Ada empat jenis luka, setiap jenis memerlukan perawatan yang berbeda-beda:
  1. Luka Lecet disebabkan  oleh terkelupasnya kulit, seperti yang terjadi pada kecelakaan dijalanraya. Luka lecet selamanya banyak kemasukan kuman. Keluarkanlah semua kotoran yang melekat dipermukaan luka itu dengan berhati-hati benar dengan menggunakan air hangat dan sabun. Dengan berhati-hati, balutlah luka itu dengan pembalut yang suci hama. Ini akan menolong mengurangi nyeri dan shock.
  2. Luka iris ialah luka yang dalam disebabkan oleh pisau, pecahan gelas atau pisau cukur. Luka seperti itu selamanya berdarah  banyak sebab pembuluh darah dikulit telah terpotong. Luka itu kurang kemungkinannya mendapat infeksi. Pendarahan menolong mengeluarkan kuman-kuman. meskipun demikian, luka seperti itu perlu dijahit untuk menahan pendarahannya. Balutlah luka itu baik-baik dan bawalah pasien itu kepada dokter atau kerumah. sakit selekas-lekasnya.
  3. Luka sobek ialah luka yang disebabkan oleh perkakas tumpul, oleh ledakan, atau jatuh pada tepi yang tajam. luka seperti itu amatlah berbahaya sebab kotoran dan kuman-kuman sering terselip kedalam luka. kebanyakan jaringan di bagian itu telah dirusakkan, dan bahaya insfeksi besar sekali. Luka seperti itu lebih baik dirawat dirumah sakit, agar jaringan-jaringan yang sudah rusak dapat dipotong dengan selamat dengan pertolongan obat pemati rasa yang cocok dan luka itu dapat dibersihkan serta diobati dengan teliti.
  4. Luka tusukan disebabkan oleh perkakas yang tajam ujungnya, seperti jarum, paku, duri, mawar, gunting, peluru dan benda-benda lain seperti itu. Luka tusukan biasanya tidak banyak berdarah kecuali sebuah pembuluh darah yang besar tertusuk. Kuman-kuman sering tertinggal di dalam luka seperti itu, lalu abses yang nyeri dapat terjadi. Bersihkanlah luka itu sebaik-baiknya dan berilah alkohol gosok disekitar luka itu. Kemudian berilah pembalut, tekan dan bawalah pasien itu kepada dokter.
 

diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.