Setiap anak yang normal ingin menjadi “dewasa”. Ia mau melakukan sesuatu yang pada pengamatannya dilakukan oleh orang dewasa disekelilingnya. Kalau ia tidak setinggi orang lain, mudah baaginya merasa diremehkan dan barang kali juga merasa terbuang oleh mereka yang sebaya dengan dia. Adakah sesuatu yang dapat dilakukan guna menolong menambah tinggi badan seseorang yang pendek perawakannya? Ya, dalam beberapa keadaan hal ini dapat dilakukan.

Pertumbuhan yang normal merupakan suatu proses yang mengherankan. Sejak saat pembuahan sampai kita dilahirkan, pertumbuhan sangatlah pesatnya. Sesudah kelahiran, kita tumbuh dengan cepatnya selama dua tahun pertama, kemudian proses pertumbuhan itu mulai berkurang cepatnya. Sekali lagi, sekitar usia 13 atau 14 tahun kita mulai lagi tumbuh dengan cepatnya. Inilah saat yang disebut masa remaja.

Anak-anak perempuan tumbuh lebih cepat daripada anak-anak laki-laki, karena hormone mereka lebih giat pada permulaan masa pubertas. Kemudian anak-anak laki-laki menyusul dan melampaui mereka, biasanya mencapai batas tinggi badan mereka pada umur 16 dan 19 tahun. Akan tetapi, ada banyak sekali pengecualian tergantung kepada bahan-bahan kimia penting yang tertentu didalam tubuh.

Tinggi badan seseorang sebagian besarnya tergantung kepada panjangnya tulang-tulang panjang pada tungkainya, terutama tulang paha dan tulang betis. Untuk perawakan yang tampan, tulang punggung harus pula berkembang dengan baik dan seimbang dengan tulang-tulang panjang ini.

Di dekat ujung tulang-tulang ini terdapat suatu bagian yang melintang yang disebut garis epiphysis yang umumnya terdiri dari tulang rawan yang dalamnya sel-sel tulang muda sedang tumbuh. Selama masa kanak-kanak dan masa muda sel-sel tulang muda ini terus menerus menambah panjangnya tulang-tulang itu. Beginilah caranya kita menambah tinggi dan berat.

Akan tetapi, pertumbuhan tidak tetap sepanjang masa kanak-kanak. Tampaknya pertumbuhan mengalami proses berkembang silih berganti, bergantung kepada perubahan-perubahan dalam organ-organ endocrine. Dengan demikian seorang anak yang berumur Sembilan tahun mungkin kelihatan pendek untuk umurnya, dan mengejar dan melampaui anak-anak lain menjelang umur duabelas tahun. Sesuatu variasi pertumbuhan seperti itu berlangsung sepanjang masa dewasa, dan dalam banyak hal tampaknya diatur oleh kecenderungan bawaan dan factor-faktor lainnya yang masih belum dapat dipahami dengan jelas. Tetapi sekali garis epiphysis sudah tertutup, tidak ada lagi pertambahan tinggi badan selanjutnya. Tulang-tulang mungkin bertambah berat, lebar, tebal, tetapi diragukan apakah orang itu dapat melakukan sesuatu untuk menambah tinggi badannya.

Perubahan-perubahan hormon, terutama yang meliputi kelenjar gondok, sering mengubahkan tinggi badan seseorang. Pada hypothyreoidisme ada kelambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan, disertai dengan kelambanan pikiran, keletihan dan juga gangguan haid. Tablet-tablet thyroid, bila digunakan dengan teratur, dapat menolong memperbaiki kekurangan itu dan sesungguhnya dapat menambah tinggi dan berat badan seseorang, asalkan garis epiphysis ditulang panjang itu belum tertutup. Dosis yang biasa adalah 1,5 g atau 90 mg. thyroid extract sehari. Sebagai tambahan, penting sekali menggunakan protein yang memadai dalam makanan.

Cirri-ciri bangsa harus pula dipertimbangkan sebelum mengambil kesimpulan bahwa seorang terlalu tinggi atau terlalu pendek. Factor-faktor keturunan selamanya memegang peranan penting dalam pertumbuhan badan. Jika nenek-moyang seseorang pendek dan gemuk, ia hamper tidak dapat mengharapkan menjadi tinggi dan ramping.

Hormone pertumbuhan dari kelenjar hypophyse bagian depan mungkin kurang pada beberapa orang, barang-kali sebab adanya penyakit. Kekurangan hormone ini (STH) dapat menyebabkan kekerdilan hypophyse. Seperti yang dinyatakan diatas, kekurangan thyroid dan kurang berfungsinya kelenjar kelamin mungkin mengakibatkan kekerdilan yang kedua-duanya memperlambat pertumbuhan yang normal. Sebab itu tingginya perawakan seseorang bergantung kepada kecepatan dan lamanya pertumbuhan. Ada orang mungkin bertanya, mengapa tidak berikan saja sesuatu bahan endocrine, seperti hormone pria? Hal ini mungkin menolong dalam beberapa hal, tetapi mungkin juga menutup garis-garis epiphysis jauh lebih cepat, dan dengan demikian memperpendek lamanya pertumbuhan.

Seorang muda yang tumbuh tidak secepat yang diharapkan harus selamanya diperiksa dengan teliti untuk mengetahui sebab-sebab gagalnya pertumbuhan. Orang tua harus menyadari bahwa menurunnya kecepatan pertumbuhan dengan tiba-tiba mungkin menyatakan mulainya sesuatu penyakit yang serius. Pemeriksaan X-raydapt menunjukkan adanya rachitis atau sesuatu kekurangan vitamin yang serius. Kalau pasien itu menderita kekurangan gizi, dengan menambahkan vitamin B dapat menolong merangsang nafsu makan yang mendirikan suatu pola pertumbuhan yang baru.

Kekerdilan hypophyse diakibatkan oleh kegagalan baga depan pada kelenjar hypophyse (pituitary). Hal ini mungkin disebabkan oleh sifat bawaan atau barangkali sebuah tumor yang menyerang hypophyse itu. Berlainan dengan cretins, orang cebol karena gangguan hypophyse ini biasanya mempunyai kecerdasan yang normal. Bentuk tubuh seimbang benar, tetapi segala sifat tetap dalam keadaan kecil, dan banyak keadaan tubuh pada masa kanak-kanak tidak mengalami perubahan seumur hidupnya.

Perawatan: setelah diadakan diagnose yang betul, kebanyakan dokter memberikan resep thyroid, 1 sampai 2 g sehari. Anak-anak laki-laki diberi juga methyltestosterone, sublingual tablet 5 mg. dua kali sehari. Kedua bahan menambah ukuran dan berat kerangka tubuh. Anak-anak perempuan yang menderita penyakit ini diberi bahan-bahan estrogenic, seperti diethylstilbestrol, tablet 0,5 mg. setiap hari selama tiga minggu,diikuti dengan masa istirahat selama delapan hari. Daur (siklus) ini kemudian diulangi selama diperlukan untuk pertumbuhan. Makanan yang mengandung banyak protein dan mineral berguna sekali, meskipun perawakan yang sempurna biasanya belum dicapai. Jika sebuah tumor terdapat di dalam hypophyse, pengobatan X-ray atau dikeluarkannya dengan jalan pembedahan merupakan perawatan pilihan.



diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.