Dalam zaman modern ini mungkin aneh kedengarannya membicarakan cara pemanasan istimewa pada bagian-bagian tubuh tertentu. Meskipun demikian botol air panas yang sudah ketinggalan zaman itu masih berguna dan murah. Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Jangan lupa mengeluarkan penutup sebelum mengisi air panas, dan gantilah sesudah itu. Isilah kantong itu setengah penuh dengan air panas, cukup panas sampai nyaman rasanya, jangan terlalu panas. Sebelum membuka sumbatnya, letekkanlah kantong air panas di atas meja, dengan mengangkat lehernya ke atas dan membiarkan uap naik. Bila kanton itu terasa agak rata, putarlah sumbatnya sampai ketat sementara bagian atasnya tetap diangkat.  kemudian keringkanlah karet pada kantong itu dan gantilah sumbatnya.

Peringatan: Jangan sekali-kali memakai botol panas tanpa sumbat, sebab hal ini dapat membakar kulit. Bila kantong itu sudah dingin, isilah kembali. Bila sudah selesei, jangan lupa menggosokkan dan mengeringkannya. Gantungkanlah terbalik dan terbuka adar siap dipakai bila diperlukan. Cara merawat yang sederhana ini berguna sekali untuk seorang yang kena shock, tetapi berhati-hatilah jangan sampai membakar pasienyang tidak sadar atau setengah lumpuh itu.


diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.