Makan berpantang bukan hal baru lagi bagi orang yang kelebihan berat.  Mereka sudah beberapa kali mencobanya. Ada yang menjadi gusar mendengar ejekan sahabat-sahabat mereka sehingga mereka tidak mau makan sama sekali selama waktu yang singkat, tetapi kembali pula kepada kebiasaan makan berlebih-lebihan seperti semula sesudah dorongan itu lalu. Berbuat yang keterlaluan seperti itu jarang member kebaikan yang tetap. Satu-satunya jalan untuk memecahkannya ialah cara hidup baru yang berbeda sama sekali, seperti langkah langkah sederhana yang diberikan disini:
  1. Batasi banyaknya makanan. Teruskanlah dengan makanan yang seimbang tetapi kurangi segala penganan yang mewah yang sangat anda gemari. Makanan seperti itu terlalu banyak mengandung kalori. Anda dapat hidup sehat tanpa itu. Tetapi jangan lupa memasukan cukup banyak kentang dan biji-bijian yang masih berkulit ari di dalam makanan anda. Jangan lupa pula untuk menghindarkan semua makanan yang mengandung lemak, seperti es krim, kue-kue yang mewah, dan segala macam gula-gula.
  2. Berhati-hati lah dengan sisa makanan. Banyak ibu menambah berat badan mereka sebab mereka tidak suka melihat makanan di buang-buang. Jauh lebih baik mengurangi makanan yang disediakan dan menghindarkan persoalan ‘’sisa makanan”.
  3. Hentikan makan di antara waktu makan. Latihlah dirimu untuk meniadakan makanan yang tidak perlu. Lambat laun anda akan menikmati cara hidup dengan makanan yang dikurangi, dan anda akan heran melihat berapa sehat prasaan badan anda.
  4. Gerak badan yang teratur yang diadakan setiap hari, akan menolong memakai kalori tambahan itu. Gerak badan yang terbaik ialah berjalan kaki. Menggerak-gerakkan otot tungkai yang besar itu akan menolong membakar lebih banyak kalori yang tidak diperlukan.
  5. Hindarkan penganan yang mewah. Segala gula yang berlebih-lebihan mengandung banyak kalori tetapi kurang dalam nilai makanan. Kebiasaan yang terbaik ialah meninggalkan meja makan sementara anda masih lapar!
  6. Ingatlah, makan dengan teratur penting sekali. Makanan harus dikurang sedikit, disediakan baik-baik, dan diatur dengan menarik sekali dimeja makan. Tidak ada alasan untuk menikmati makanan, meskipun sekarang makanan kurang dari biasanya. Lambat laun anda akan belajar makan agak kurang dan lebih menikmatinya.
  7. Jangan tahan lapar lama-lama. Makan dengan teratur tetapi dengan ukuran adalah jalan yang terbaik untuk mengurangi berat badan.
  8. Jangan lupa makan pagi. Hal ini akan menolong anda dalam pekerjaan sepanjang hari, dan anda akan terhindar dari percobaan untuk makan gula-gula dan jajan diantara waktu makan.
  9. Makanlah lebih banyak makanan ini, seperti : Slada, sayur-sayuran hijau, tomat dan wortel. Semuanya mengandung sedikit kalori, tetapi banyak vitamin dan mineral dan mempunyai nilai makanan yang baik. Makanan seperti ini dapat juga digunakan untuk menghindarkan prasaan lapar diantara waktu makan, jika anda terpaksa makan sesuau.


diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.