Sekarang kita andaikan berat badan anda lebih kira-kira 14 kg. apakah yang harus anda lakukan?
Anda tahu bahwa ini seudah lebih dari apa yang harus anda tanggung, dan anda harus berbuat sesuatu untuk itu. Tetapi bagaimana? Mula-mula sekali, cobalah selidiki mengapa berat badan anda lebih dari mestinya. Jangan terkejut bila diberi tahu bahwa ada orang kelebihan berat sebab mereka mengalami susah dan frustasi. Boleh jadi mereka merasa dilalaikan oleh anggota-anggota keluarga yang lain. Untuk menghibur perasaan sakit hati, mereka makan sedikit demi sedikit diantara waktu makan. Malahan adapula yang bangun untuk jajan sementara anggota keluarga yang lain tidur. Makan sedikit-sedikit seperti ini bila diteruskan akan menambah berat badan dengan cepat.

Tetapi, kata beberapa orang “saya tidak makan sebanyak saudara perempuan saya. Tetapi lihatlah ia amat kurus”. Mungkin benar begitu. Orang-orang berbeda dalam banyaknya kalori yang mereka bakar. Mngkin kelenjar gondok ada hubunganya dengan ini, setidak-tidaknya ada beberapa hal.

Meskipun demikian, terlepas dari segala hal itu, jika seseorang bertambah-tambah beratnya, hanya satu artinya, ia terus menerus menambah kalori melebihi kebutuhannya. Alam tidak suka memboroskan makanan yang baik. Gantinya membuangkan kalori extra itu, ia menyimpannya baik-baik dalam bentuk lemak untuk dipakai pada hari-hari mendatang. Alangkah mudahnya bagi kita menambah berat badan, tetapi alangkah sulitnya menghilangkannya kembali.

Berapa kalori yang anda perlukan setiap hari? Hal itu tergantung pada banyak hal, seperti jenis pekerjaan yang anda lakukan, umur, perawakan, dan kegiatan bekerja. Seorang tukang kayu yang bekerja keras mengkin memerlukan 5000 kalori setiap hari. Untuk bekerja terus ia harus makan secukupnya. Sebaliknya, majikannya yang duduk dikantor sepanjang hari mungkin hanya memerlukan 2200 kalori sehari. Istrinya yang sibuk dengan urusan rumah tangga sepanjang hari, mungkin memerlukan 2500 kalori. Tetapi seorang sekretaris kantor mungkin cukup dengan 1800 kalori sehari.

Semuanya tergantung pada kegiatan kita bekerja. Pada usia 25 tahun kita biasanya membakar semua kalori tanpa kesulitan. Pada usia 35 tahun situasi mulai berubah. Sekarang kita berubah menjadi kurang aktif. Kita sering duduk-duduk dan mungkin memakai alat penghemat tenaga kerja supaya kita tidak usah bekerja berat. Ini berarti kita harus mengatur banyaknya makanan sesuai dengan pekerjaan yang kita lakukan, dan bukannya sesuai dengan yang dilakukan oleh orang lain.
Masih adakah hal-hal lain yang mempengaruhi bera seseorang? Ya, tentu saja. Seorang mungkin menjadi lebih berat karena adanya air yang terkumpul di jaringan-jaringan bawah kulit. Umpamanya, dekompensasi jantung mungkin mengakibatkan pembengkakkan di tungkai atau bagian tubuh yang lain. Demikian juga halnya dengan beberapa penyakit ginjal. Orang yang menderita penyakit yang berlebih-lebihan. Tetapi hal ini bukannya merupakan penyebab yang biasa sehingga kebanyakakkan orang kelebihan berat. Makan berlebih-lebihan lebih mungkin menjadi penyebab yang sebenarnya. Walaupun demikian, perhatikanlah saran ini jika anda kelebihan berat. Jantung dan ginjal anda mungkin menjadi lemah pada masa mendatang karena dipaksa bekerja lebih berat dengan menanggung semua lemak tambahan selam 20 tahun atau lebih. Jangan lupa bahwa berat yang berlebih-lebihan dapat mendatangkan bahaya.




diambil dari buku:
Cliffoed R. Anderson. M.D. Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.