Mungkin ada orang akan heran bila mengetahui bahwa vitamin bukannya makanan. Bukan pula sesuatu yang disebut “pengganti makanan”. Jika kita tidak makan apa-apa kecuali vitamin saja, kita akan segera mati kelaparan. Vitamin tidak member tenaga, dan tidak juga membangun jaringan yang sudah rusak. Meski demikian, tanpa vitamin kita tidak dapat hidup. Vitamin perlu, dan memegang peranan dalam semua reaksi kimia yang penting di dalam tubuh.

Kebanyakan reaksi sel diteruskan melalui enzima, tiap-tiap enzima bertanggung jawab atas beberapa reaksi kimia sendiri. Enzima terdiri dari persenyawaan dari vitamin dan mineral, semuanya bersatu padu dalam keadaan yang amat sukar diselami. Jika hanya satu vitamin yang hilang, enzima itu tidak dapat dibentuk dan beberapa fungsi tubuh yang penting tidak dapat dilaksanakan. Inilah sebabnya mengapa vitamin amat perlu untuk kesehatan.

Dari manakah asal vitamin? Mula-mula sekali, vitamin itu dibentuk di dalam tanaman dan terdapat di dalam semua makanan segar. Tetapi beberapa vitamin mudah hilang bila dimasak terlalu lama, terutama vitamin C. mengeringkan atau membiarkan makanan dipanas matahari dan angin dapat pula mengakibatkan hilangnya vitamin. Vitamin lain tidak mudah rusak dan dapat tahan bila dimasak atau direbus tanpa mengalami perubahan. Tetapi baik vitamin maupun mineral banyak yang dibuang sesudah makanan dimasak. Hal inilah yang harus dipahami oleh setiap ibu. Daripada membuang zat makanan itu ke dalam bak cuci, lebih baik ia menggunakan air rebusan itu untuk membuat sup, kaldu saus, dll. Dengan demikian seluruh keluarga akan menikmati manfaat yang lebih besar dari makanan yang disajikan untuk mereka.

Vitamin berfungsi dalam berbagai-bagai cara, dan sering erat sekali hubungannya satu dengan yang lain dalam reaksinya didalam tubuh. Kebanyakan vitamin tidak terdapat sendirian di dalam makanan, melainkan berpasang-pasangan ataupun berkelompok-kelompok, sehingga jika yang satu tidak ada, yang lain juga tidak ada. Kita hanya dapat meringkaskan fungsinya yang sebenarnya di dalam tubuh.
Dibawah ini terdapat daftar vitamin utama dan gunanya.

1.    Vitamin A
2.    Vitamin B complek
3.    Vitamin B1 (Thiamine)
4.    Riboflavin (VitaminB2)
5.    Niacin dan Asam Nicotinic
6.    Vitamin B12
7.    VitaminC (Ascorbic Acid)
8.    Vitamin D
9.    Vitamin E
10.  Vitamin K


Bagaimana dengan Tablet-tablet Vitamin?

Banyak orang yang cemas memikirkan apakah keluarga mereka harus diberi tablet-tablet vitamin sebagai tambahan. Hal itu tergantung pada keadaan hidup seseorang. Bila orang tetap sehat dan kuat, vitamin tambahan tidak perlu diberikan. Tetapi vitamin ini berguna sekali bila seorang baru sembuh dari sakit keras atau luka parah. Hal ini lebih baik di tentukan oleh dokter keluarga. Sebenarnya kita dapat memperoleh semua vitamin yang kita perlukan oleh makanan yang seimbang, disertai istirahat dan gerak badan yang cukup.





diambil dari buku tentang:
Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.