Thiamine, atau vitamin B1, merupakan salah satu vitamin  penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Vitamin ini memasuki hampir setiap reaksi kimia didalam tubuh. Tampa thiamine, sel tidak dapat menggunakan oksigen atau bahan bakar untuk tenaga. Susunan urat saraf tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa thiamine, dan otot-ototpun tidak dapat bekerja sebaik-baiknya.

Bila makanan tidak mengandung thiamine, segala jenis nyeri otot terasa diseluruh tubuh. Urat sarat mudah terganggu dan orang itu menderita gangguan pencernaan, perasaan lemah, kekurangan darah, dan hilang rasa nafsu makan. Inilah penyakit yang serius yang disebut beri-beri seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya.

Orang yang sudah lama ketagihan minuman keras dan orang yang hidup dengan makanan yang serba kurang sering mengalami penyakit beri-beri. Banyak orang mengeluh karena perasaan lelah dan mudah marah, tetapi sebenarnya mereka menderita kekurangan thiamine, atau vitamin B1. Kesulitan ini hampir selamanya disebabkan oleh makanan yang tidak baik. Pasien seperti ini akan merasa kuat dan sehat kembali, bila makanannya ditukar dengan makanan yang seimbang.
Sumber yang terbaik untuk vitamin B1, ialah biji-bijian yang masih berkulit ari, kecambah gandum, sayur-sayuran, kacang-kacangan kering, ercis, dll. Thiamine tidak terdapat dalam kebanyakan makanan yang sudah dihaluskan, seperti tepung putih, kanji, gula putih, beras yang diputihkan dan lemak. Sial benar, vitamin B1 tidak dapat disimpan didalam tubuh. Ini berarti bahwa vitamin ini harus ada di dalam makanan setiap hari. Natrium Bicarbonat yang sering dipakai memasak sayur-sayuran, sebenarnya merusak vitamin ini. Ada baiknya menghindarkan pemakaian Natrum Bicarbonat bila menyediakan makanan. Anak yang sedang tumbuh, ibu yang sedang menyusui dan wanita yang sedang hamil, semuanya memerlukan lebih banyak vitamin B1.







diambil dari buku tentang:
Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.