Vitamin D diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat. Fungsinya yang utama ialah untuk memelihara konsentrasi kalsium dan fosfor  yang tepat di dalam tubuh. Hal ini penting sekali bagi bayi dan anak kecil yang tulang-tulangnya yang masih tumbuh dengan cepat.

Kekurangan vitamin D mengakibatkan kelainan bentuk yang serius pada tulang-tulang. Keadaan seperti ini disebut rachitis. Tulang menjadi lunak dan mudah menjadi bengkok. Oleh tarikan otot yang tidak henti-hentinya, persendian kehilangan bentuknya dan tidak dapat lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Pada anak kecil mungkin terlihat gejala tulang tengkorak menjadi lunak. Kepala mungkin merata pada pihak sebelah. Dadapun berubah bentuk. Uaraian panjang lebar mengenai rachitis terdapat pada artikel sebelumnnya klik DISINI.

Anak-anak yang lahir sebelum waktunya mudah mendapat rachitis. Sebab itu mereka harus diberi cukup vitamin D. lebih besar pula bagi anak yang berwarna kehitam-hitaman yang tinggal ditempat yang lebih dingin iklimnya. Karena condongnya matahari, rachitis lebih sering terjadi selama musim dingin. Awanpun menghalangi sinar ultraviolet. Inilah yang sering menjadi kesulitan bagi anak-anak yang sedang tumbuh. Pada dewasa ini pemakaian susu yang sudah dikenai sinar ultraviolet yang mengandung vitamin D, banyak mengurangi penyakit ini. Bayi yang dipelihara dengan susu ibu saja lebih mudah mengalamin rachitis, terutama bila makanan ibu tidak seimbang.

Sumber terbaik untuk vitamin D ialah kuning telur, minyak ikan, dan susu yang sudah disinari vitamin D. tubuh manusia lebih banyak menghasilkan vitamin D oleh pengaruh cahaya matahari. Minyak alam dikulit diubahkan dan banyak sekali menghasilkan vitamin D. warna kulit karena cahaya matahari merupakan jalan yang terbaik untuk memperoleh vitaminD. Di daerah-daerah yang cahaya mataharinya kurang, pemakaian radiasi ultraviolet digunakan untuk mencapai maksud yang sama. Tetapi berjemur di panas matahari atau sinar buatan yang sudah berlebih-lebihan harus dihindarkan, kalau tidak kulit akan terbakar. Pemakaian tablet vitaminD yang berlebih-lebihanpun mungkin mengakibatkan seorang sakit.





diambil dari buku tentang:
Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.