Vitamin C, atau acorbic acid, merupakan vitamin penyembuh yang mustajab. Vitamin ini beguna sekali bagi mereka yang menderita infeksi hebat atau penyakit yang sudah berlarut-larut. Kekurangan vitamin C mengakibatkan suatu penyakit yang serius yang disebut scorbut. Penyakit ini dibahas lebih mendalam pada permulaan bab ini. Gejala-gejala scorbutus ialah disekeliling gusi berdarah dan tulang terasa nyeri bila disentuh. Bintik-bintik pendarahan terjadi dibawah kulit dan gigi mungkin menjadi goyah dan jatuh. Scorbut sering dialamin oleh wanita yang sedang mengandung, ibu yang menyusui, dan orang yang hidup dengan makanan yang sangat terbatas.

Vitamin C mudah sekali dirusakakkan oleh panas dan tidak tahan bila dimasak lama-lama. Natrium bicarbonate atau soda kue merusakkan vitamin C. itulah sebabnya para dokter menganjurkan agar pemakaian bahan ini dihindarkan. Vitamin C tidak dapat disimpan didalam tubuh, sebab itu setiap hari kita harus makan makanan yang mengandung vitamin ini. Bayi kecil yang diberi minuman buatan seperti susu bubuk, harus diberi pula air jeruk yang segar setiap hari.

Sumber yang terbaik untuk vitamin C ialah jeruk, buah anggur, tomat, adpokat, dan buah-buahan segar lainnya pada musimnya. Kebanyakan sayur-sayuran mengandung juga vitamin C, tetapi sebagian dari padanya hilang bila dimasak.





diambil dari buku tentang:
Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.