Vitamin A adalah “vitamin kecantikan”. Dengan adanya vitamin ini, kulit tetap licin dan halus. Vitamin ini diperlukan juga untuk lapisan selaput lendir pada hidung, kerongkongan, cabang tenggorokan, serta seluruh saluran pencernaan, kandung kemih, ginjal dan organ-organ dalam rongga panggul. Vitamin A menolong dalam pertumbuhan tulang dan gigi yang normal, terutama pada anak-anak dan orang muda.

Bila tidak ada vitamin A, kulit menjadi tebal dan kasae, mata kelihatan suram dan tidak bercahaya. Infeksi tejadi di berbagai bagian tubuh. Batu gijal dan kandung kemih lebih lazim terdapat pada orang yang makanannya kekurangan vitamin A. vitamin ini menolong memerangi penyakit menular. Vitamin ini menjadikan mata terang dan menolong kita untuk melihat di dalam terang yang samar-samar. Tanpa vitamin A penglihatan kita akan rusak.

vitaminA dibentuk dari suatu zat kimia yang disebut carotene, yang terdapat di dalam semua sayur daun, dan juga didalam wortel, ubi jalar, labu siam, labu, abrikos, buah perzik, adpokat, semangka dan buah-buahan seperti itu. Carotene lekas sekali diserap oleh tubuh dan kemudian disimpan didalam hati dan disitulah diubahkan menjadi vitamin A untuk digunakan dimana saja diperlukan. Makanan yang terdiri dari berbagai buah-buahan dan sayur-sayuran segar mengandung banyak sekali vitamin A.