Mineral lain yang amat penting adalah besi, karena termasuk dalam reaksi hidup yang terutama. Kadar besi didalam tubuh kita tidak seberapa, tetapi kegunaannya amat mengherankan. Dalam segala penemuan di zaman angkasa luar dimana kita hidup tidak ada yang dapat dibandingkan dengan apa yang terjadi di dalam tubuh kita, terutama bila kita memikirkan reaksi besi yang ajaib didalam tubuh. Tanpa logam ini kita tidak dapat hidup sesaatpun.

Paling banyak zat besi terdapat di dalam sel darah merah, dimana terbentuknya hemoglobin. Inilah zat merah yang memberi warna pada darah. Hemoglobin mempunyai suatu fungsi yang amat penting, ialah mengantarkan oksigen ke segala jaringan tubuh dan menjaga kelanjutan hidup kita.
Sel darah merah amat kecil bentuknya. Biasanya di dalam setetes darah yang tidak lebih besar dari kepala peniti terdapat sekitar 5.000.000 butir. Sel yang kecil ini berbentuk bulat pada tepinya dan cekung di tengah, kira-kira seperti piring. Ini menyediakan permukaan yang agak besar jika di bandingkan dengan besarnya sel, sehingga menyebabkan lebih mudah oksigen dan karbon dioksida bertukar.

Tiap-tiap sel merah berisi 250 juta molekul hemoglobin, dan 1.000 Juta atom besi. Dalam beberapa detik selama sel-sel darah merah yang kecil ini melalui paru-paru, seribu juta molekul oksigen diambilnya dari udara di dalam paru-paru. Pada waktu yang sama ditinggalkannya 1.000 juta molekul karbon dioksida yang telah dikumpulkannya dari jaringan tubuh. Karbon dioksida yang tida diperlukan ini akhirnya dikeluarkan dari tubuh pada waktu kitamenghembuskan nafas keluar. Sebab itu kita harus selalu menghirup udara segar untuk memberikan oksigen pada sel-sel darah merah dan untuk menghindarkan karbon dioksida. Hal ini kita sebut pernapasan.

Sebagian besar sel hidup di dalam tubuh bertahun-tahun lamanya, mungkin ada yang seumur hidup kita. Tetapi tidak demikian halnya dengan sel darah merah. Sel darah merah hidup hanya kira-kira empat bulan, dan kemudian harus dibinasakan. Ini berarti bahwa sel yang baru harus dihasilkan dalam jumlah yang besar untuk menggantikan sel yang tidak dapat dipakai lagi.

Untuk maksud inilah tubuh kita harus membuat berjuta-juta sel merah yang baru setiap menit, hanya untuk memenuhi persediaan yang normal. Jika kita kehilangan darah oleh pendarahan atau karena sebab yang lain, kita harus menghasilkan lebih banyak lagi. Tiap-tiap sel merah yang kecil membawa sedikit kadar besi yang dibagikan oleh tubuh dengan cepat sekali, sehingga setiap sel mempunyai zat besi secukupnya saja untuk melaksanakan tugasnya.







diambil dari buku tentang:
Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.