Salah satu sumber protein yang terkaya adalah kedelei. Makanan yang sederhana ini mengandung protein yang lengkap. Kedelei ditanam di Tiongkok dan Jepang berabad-abad lamanya, lama sebelum sejarah Negara-negara ini ditulis.

Kedelei mengandung banyak sekali protein. Pada hakekatnya kedelei itu mengandung protein dua kali sebanyak yang di dalam daging dan empat kali sebanyak yang di dalam telur. Kedelei mengandung juga minyak tumbuh-tumbuhan yang tinggi mutunya yang tidak mengandung cholesterol di dalamnya. Selain itu , minyak kedelei mengandung juga lechitin, yang berfaedah sekali dalam pengendalian kadar cholesterol di dalam tubuh. Kedelei juga mengandung sedikkit sekali hidrat arang sehingga pasien yang menderita penyakit gula dapat menggunakannya dengan leluasa. Kedelei bersifat alkalis dan sebagai tambahan mengandung juga semua vitamin yang penting.

Tauge banyak digunakan di banyaktempat di Timur. Tauge merupakan sumber vitamin C yang terbaik dan mengandung juga banyak sekali vitamin A dan vitamin B complex. Bayi yang allergis terhadap susu sapi biasanya dapat minum susu kedelei tanpa kesulitan apapun.

Di Amerika Serikat banyak jenis makanan dibuat dari kedelei. Kedelei dipakai juga untuk membuat es krim, gula-gula, dan kecap dan tepung kedelei. Berjenis-jenis kedelei dihasilkan untuk maksud ini. Sisa pembuatan makanan seperti ini dipakai untuk membuat cat, pernis, obat kecantikan, karet sintesis dan tinta cetak. Sesungguhnya kedelei itu merupakan suatu tanaman serba guna dan untuk itu kita harus berterima kasih kepada sahabat-sahabat kita di Tiongkok dan Jepang.

Para ahli ilmu gizi dan ahli kimia makanan sibuk menyelidiki cara-cara baru untuk  pemakaian makanan protein yang penting ini. Tidak disangsikan lagi kedelei dapat mengatasi persoalan untuk member makanan kepada dunia yang berkelebihan penduduk. Itulah salah satu makanan kita yang terbaik.




diambil dari buku tentang:
Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.