Niacin (asam nikotinic) penting untuk kulit dan juga untuk susunan urat saraf. kekurangan niacin akan mengakibatkan suatu penyakit yang disebut pellagra. Kulit menjadi kasar, dan pasien mmenderita kekurangan tenaga berangsur-angsur. Ia mungkin melalui masa tekanan mental yang disebut "neurasthenia" (lemah saraf). Lambat laun kulit menjadi cokelat kemerah-merahan,kasar, mudah terkupas, dan berwarna tua. nyeri timbul di lidah dan mulut serta kerongkongan seakan-akan terbakar. pasien mengeluh karena kegugupan, pening, tidak dapat tidur dan otot yang lemah. Tangan dan kaki merasa kaku, dan tinja berbau busuk. bila penyakit ini dibiarkan berlarut-larut, pasien akan mengalami perasaan berkhayal, mengigau dan pikiran kacau. gejala seperti ini sering kelihatan pada orang yang sudah lama ketagihan minuman keras.

Pencegahan tidak sukar. Makanan yang seimbang yang mengandung cukup niacin. Makanan seperti susu, telur, buah-buahan, sayur-sayuran hijau yang masih segar, biji-bijian yang belum diputihkan biasanya memberikan cukup niacin untuk memelihara kesehatan. Pellagra yang belum hebat boleh dirawat dirumah. Tetapi bila sudah parah, jauh lebih baik pasien itu dirawat di rumah sakit.

Pyridoxine (vitamin B6) erat sekali hubungannya dengan vitamin B complex yang lain. vitamin ini terdapat didalam biji-bijian yang masih ada kulit arinya dan kebanyakan makanan segar. Bila kekurangan vitain ini, bayi kecil mungkin mengalami penyakit kejang (convulsio). Orang dewasa menderita perasaan gugup dan mudah tersinggung. vitamin ini terdapat di dalam susu yang sudah melalui proses pasteurisasi dan susu kental.




diambil dari buku tentang:
Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.