Sebenarnya di dalam tubuh kita terdapat sedikit sekali jodium, tetapi adanya zat ini penting untuk kesehatan. Banyak hal dapat terjadi bila jodium di dalam tubuh hilang keseimbangannya. Seperti halnya dengan segala mineral yang lain, jodium terdapat dalam makanan yang kita makan. Dari saluran pencernaan, jodium itu masuk ke dalam aliran darah dan segera diterima oleh kelenjar gondok. Kelenjar gondok ialah suatu kelenjar yang agak besar yang terdapat pada leher muka bagian bawah “lekum” atau Pomum Adami.

Di situlah jodium diubahkan menjadi thyroxin, suatu hormone yang kuat dengan banyak fungsi penting di seluruh tubuh. Thyroxin mengatur semua aktivitas bermacam-macam alat tubuh, mengontrol cepatnya pertumbuhan seseorang, malahan mempengaruhi lamanya ia hidup. Orang yang kekurangan thyroxin mudah merasa dingin. Sebaliknya, mereka yang kelebihan thyroxin mungkin merasa terlalu panas.

Kelenjar gondok juga mengontrol keadaan kulit. Bila seseorang kekurangan hormone yang diproduksikannya, kelopak matanya menjadi kembung, dan mukanya tampak suram dan lesu.rambutnya kasar, kering dan kaku, dan lidahnya bengkak, suaranya parau dan tidak terang. Seorang anak kecil yang kelenjar gondoknya tidak beres mungkin menjadi cebol dengan air muka yang kasar, bibir tebal, hidung peyek, dan lidah yang menonjol – suatu keadaan yang sungguh menyedihkan, yang dikenal dengan istilah cretinism. Penyakit seperti ini disebabkan oleh kekurangan jodium di dalam makanan ibu selama dalam kandungan. Anak seperti itu dapat ditolong, asalkan dirawat dengan lekas.

Keadaan yang sama (hypothyreoidisme) mungkin dialami pada usia yang lebih lanjut, dan juga sesudah kelenjar gondok dikeluarkan seluruhnya. Pasien seperti itu seharusnya mengambil cukup jodium tiap hari selama sisa umur hidupnya. Tumor kelenjar gondok kerapkali terjadi di bagian dunia tertentu dan sering meliputi seluruh keluarga. Penyakit seperti ini dibahas dalam pelajaran mengenai Struma pada halaman 373. Tetapi seseorang yang bengkak sedikit lehenya sebenarnya tidak perlu dibedah. Dengan menelan beberapa tablet thyroid, kelenjar itu dapat dikembalikan kepada aktivitas yang normal, jika keadaan masih mudah diobati.

Pencegahan penyakit gondok agak mudah dewasa ini. Garam yang mengandung jodium mudah diperoleh di mana-mana, dan dalam banyak hal dapat mencegah penyakit sebelum mulai. Sumber lain untuk jodium termasuk makanan laut, dan semua sayur-sayuran yang tumbuh dekat pantai. Jodium tambahan sering dibutuhkan selama tahun-tahun pertumbuhan masa kanak-kanak dan masa remaja dan juga selama mengandung. Makanan yang dipilih dari serba jenis sajian biasanya mengandung jodium untuk memenuhi segala kebutuhan yang normal, kalau tidak garam yang mengandung jodium dapt menutupi kekurangan ini.







diambil dari buku tentang:
Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.