Garam meja yang biasa, yang disebut natrium chloride, amat penting untuk mempertahankan keseimbangan asam basa yang normal didalam tubuh. Tanpa adanya kadar garam yang diperlukan di dalam tubuh, kita tidak dapat hidup lama. Tetapi garam meja harus digunakan secukupnya saja, asal saja seorang tidak menderita penyakit ginjal ataupun penyakit jantung. Jika ia menderita penyakit seperti itu, pemggunaan garam harus dibatasi, terutama jika ia menderita juga tekanan darah tinggi.

Banyak orang menggunakan terlalu banyak garam. Mereka membubuhkannya pada makanan sehingga hilanglah rasa makanan yang sebenarnya. Pemakaian garam berlebih-lebihan member beban tambahan pada ginjal, dan dapat menaikkan tekanan darah seseorang. Seorang yang bijaksana akan selalu menggunakan garam secukupnya saja.

Oedeem atau sembab atau pembengkakan tungkai dan mata kaki dapt terjadi bila terlalu banyak garam (natrium) di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh tidak sempurnanya pembuangan garam melalui ginjal. Tekanan darah mungkin naik dan tidak turun lagi sampai kelebihan natrium sudah dikeluarkan dari tubuh. Orang yang menderita penyakit jantung dan penyakit tekanan darah tinggi, atau yang ginjalnya sudah rusak, harus selalu menghindarkan pemakaian garam dan segala makanan asin yang berlebihan.

Sebaliknya, garam tambahan sering diperlukan selama cuaca panas. Bila kita bermandi peluh, banyak garam dikeluarkan dari tubuh, dan mengakibatkan kekejangan otot-otot yang nyeri rasanya. Selama cuaca panas banyak orang, malahan mereka yang menderita penyakit jantung yang ringanpun dapat memakai lebih banyak garam, terutama jika mereka merasa amat penat atau sakit pada otot-otot.

Menjaga hilangnya mineral. Bila menyediakan makanan, jagalah agar mineral yang berharga jangan hilang oleh kelalaian. Terlalu sering gizi yang penting dibuang melalui bak cuci di dapur, bila kita membuang air rebusan makanan itu. Berbagai-bagai mineral dan vitamin yang lain juga hilang bila makanan dikupas atau dikikis tebal-tebal. Mengupas dengan berhati-hati biasanya memelihara segala mineral dan vitamin dan dengan demikian menolong kesehatan.

Jangan memasak sayur-sayuran lebih lama dari yang kita perlukan. Pakailah air secukupnya saja untuk memasak. Hal ini dapat menolong memelihara berbagai-bagai mineral yang terlalu sering dibuang-buang saja. Air rebusan sauran harus digunakan untuk membuat sup dan untuk memperenak makanan lain. Mineral yang penting ini perlu untuk kesehatan. Jangan lalai dalam cara menyediakan dan memasak makanan anda. Jagalah mineral itu agar keluarga anda akan menikmati kesehatan yang lebih baik. Lebih dari itu, anda mungkin akan menghemat rekening rumah sakit dan dokter gigi. Sebab itu jangan membuang-buang mineral anda. Pakailah mineral itu untuk memelihara kesehatan keluarga anda.







diambil dari buku tentang:
Petunjuk Modern Kepada Kesehatan.